Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana desain pengembangan
Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model pembelajaran kooperatif think pair
share pada pokok bahasan relasi dan fungsi?. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana desain pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
berbasis model pembelajaran kooperatif think pair share pada pokok bahasan
relasi dan fungsi. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian yang
menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development
(R & D). Subjek penelitian ini adalah enam orang ahli yang terdiri dari dua orang
dosen pendidikan matematika dan satu orang guru mata pelajaran matematika
sebagai ahli materi serta dua orang dosen pendidikan matematika dan satu orang
guru mata pelajaran matematika sebagai ahli media. Sedangkan objeknya adalah
Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model pembelajaran kooperatif think pair
share. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket media pembelajaran.
Terdiri dari angket ahli materi dan ahli media. Berdasarkan analisis data nilai ratarata
yang diperoleh ahli materi yaitu 4,3 dan ahli media yaitu 4,4. Dari hasil
tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika memenuhi
syarat kevalidan dari media pembelajaran dengan nilai rata-rata keseluruhannya
sebesar 4,3 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dengan demikian, dari hasil
validasi tersebut dapat dinyatakan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbasis model pembelajaran kooperatif think pair share memenuhi syarat
kevalidaan dan dinyatakan memenuhi kelayakan dan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) ini dapat digunakan untuk membantu peserta didik dalam proses
pembelajaran disekolah