Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan
terhadap prestasi kerja, dan pengaruh disiplin terhadap prestasi kerja, serta pengaruh pelatihan
dan disiplin terhadap prestasi kerja baik secara parsial maupun simultan pada PT. PLN (Persero)
Unit Pelayanan Pelanggan Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada
PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Medan sebanyak 71 orang sedangkan sampel yang
memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 71 orang dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan
Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software
SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 24.00. Hasil penelitian ini membuktikan
bahwa secara parsial diketahui bahwa pelatihan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap prestasi kerja pada PT. PLN (Persero) UP3 Medan diperoleh thitung sebesar 10,799 > ttabel
1,995 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, disiplin kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap prestasi kerja pada PT. PLN (Persero) UP3 Medan diperoleh thitung sebesar 11,530 > ttabel
1,995 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan diketahui bahwa pelatihan dan disiplin
kerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi kerja pada PT. PLN (Persero)
UP3 Medan diperoleh Fhitung sebesar 1527,676 > Ftabel 3.13 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.