dc.description.abstract |
Program Pasca sarjana Manajemen Pendidikan Tinggi. Penelitian ini bertujuan
mengetahui bagaimana kepemimpinan partisipatif untuk meningkatkan kinerja
guru di MAN Binjai dan kepala sekolah mampu mengambil keputusan ketika
guru-guru membutuhkanpencapaian mutu pendidikan sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif, naturalistik dan tekhnik
triangulasi. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi serta terjun kelapangan. Dalam penelitian ini peneliti membahas
kinerja guru. Yang di maksud dengan kinerja guru adalah merupakan unjuk kerja
yang dilakukan dengan baik sesuai dengan tujuan sekolah.Jadi kinerja di tentukan
dari proses penilaiaan dan pertimbangan atas pekerjaan seseorang oleh atasan
seseuai dengan tujuan sekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yangmerupakanbahwa
kepemimpinan partisipatif mampu meningkatkan kinerja guru yang meliputi
pembuatan Rencana pembelajaran dengan baik adanya kegiatan awal, kegiatan
inti dan kegiatan akhir. Kreatifitas dan komunikasih yang di tunjukkan oleh
kepala sekolah menciptakan susasana lingkungan kerja lebih bersemangat. Sikap
kepemimpinan kepala sekolah yang di gambarkan dari kepribadiannya yang selalu
ikut serta dalam setiap keadaan sekolah tersebut. Kepala sekolah lebih terlibat
dalam mengelolah kehadiran guru, merencanakan pembelajaran, mendelagasikan
pekerjaanya dan berkomunikasi dengan baik kepada bawahannya.
Peningkatan kinerja guru juga di buktikan dengan kemampuan guru dalam
penyusunan perangkat pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran
kemampuan menjaga hubungan antar pribadi, kemampuan melaksanakan
penilaian hasil belajar, kemampuan pelaksanaan pengayaan, kemampuan
melaksanakan remedial. Dan hal ini juga di buktikan dengan prestasi siswa yang
dari tahun 2015 sampai 2017 mendapatkan 100 buah medali penghargaan. Serta
pembentukan ekstrakurikuler kepada siswa siswi yang memilih mengembangkan
minat dan bakatnya. |
en_US |