Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran
matematika pada materi bangun ruang sisi datar berbasis video animasi pada materi
bangun ruang sisi datar;2) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan
media pembelajaran matematika matematika pada materi bangun ruang sisi berbasis
video animasi berbantuan software Powtoon, 3) Mengetahui respon peserta didik
terhadap penggunaan media pembelajaran matematika matematika pada materi bangun
ruang sisi berbasis video animasi berbantuan software Powtoon
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development
(R & D) menurut Borg and Gall. Subjek penelitian yang terlibat dari satu orang ahli
media, satu orang ahli materi, guru bidang studi matematika , dan siswa kelas VII MTs
Al - Washliyah Tebing Tinggi. Para ahli memberikan penilaian pada kelayakan produk
yang dikembangkan oleh peneliti, sedangkan siswa dan guru memberi respon tentang
kemenarikan produk yang dikembangkan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Produk yang dihasilkan terkategori sangat layak
berdasarkan validasi dari ahli materi dengan presentasi 92% dan ahli media dengan
presentasi 82% . 2) Powtoon sangat menarik untuk dijadikan bahan ajar berdasarkan
penilaian guru memperoleh presentasi 81%, dan respon siswa pada uji coba lapangan
memperoleh persentasi 89% .