Research Repository

ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 13 BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author PATI ARITONANG, MEGA
dc.date.accessioned 2021-12-07T02:50:33Z
dc.date.available 2021-12-07T02:50:33Z
dc.date.issued 2021-09-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16992
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan Menganalisis secara mendalam kinerja supervisi akademik yang dilaksanakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP N 13 Binjai. Metode penelitian dengan menggunakan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan kesimpulan. Hasil penelitian terlihat bahwa Dalam perencaan supervisi akademik diperoleh informasi bahwa kepala sekolah selalu memberikan kewenang kepada guru dalam mengapresiasikan inovasi mereka dalam mengajar. Kepala sekolah juga melakukan kunjungan keruangan guru. Gunanya mencek secara langsung keadaan perkembangan guru dalam mempersiapkan administrasi. Pengawasan pelaksanaan suprvisi oleh kepala sekolah dala situasi covid ini menggunakan aplikasi sigum dimana dengan adanya aplikasi ini guru akan diberikan kemudahan mengupload data dan meningkatkan penggunaan IPTEK. Untuk kegiatan supervisi yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah disusun dengan baik. Pelaksanaan supervise akademik oleh kepala sekolah tidak mengurangi penilaian kepala sekolah sebagai pengawas supervisi membantu guru dalam meningkatkan kinerja guru. Pembinaan dan pelatihan adalah salah satu bentuk yang di berikan oleh kepala sekolah yang merupakan perwujudan bukan untuk mengadili guru namun lebih kepada mengarahkan keterampilan guru agar lebih mampu berinovasi. Penyusunan silabus, prota, prosem, RPP sampai penyusunan jam efektif mengajar.Selain itu Kepala sekolah memberikan arahan kepada guru berupa bentuk motivasi kepada guru, dimana hal ini mampu memberikan penyemangat untuk mengembangkan kinerja guru di kompetensi masing – masing. Peran kepala sekolah untuk memberikan masukan , ide ataupun bentuk teguran adalah sikap yang baik untuk tercapainya kemajuan pendidikan di SMP N 13 Binjai. Supervisi akademik yang telah dilaksanakan oleh kepala sekolah melalui banyak tahapan seperti halnya pembinaan langung dengan tatap muka maupun daring (dalam jaringan). Kepala sekolah juga memberikan pengarahan lebih dimaksimalkan pada selesai evaluasi. Dikarenakan akan terlihat kekurangan pada proses pembelajaran. Kekurangan tersebut digunakan mengolah dan menganalisis hasil evaluasi. Berdasarakan hasil wawancara dan observasi bahwa melakukan bimbingan pada evaluasi pembelajaran sebagai bentuk tindak lanjut. Bimbingan ini bersifat langsung pengawas dan kepala sekolah dilakukan pada saat evaluasi berlangsung. Apabila kepala sekolah dan tim pengawas menemukan guru yang kesulitan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, maka tim akan berusaha untuk mengatasainya. en_US
dc.subject Supervisi Akademik en_US
dc.subject Kepala Sekolah en_US
dc.subject Kinerja Guru en_US
dc.title ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 13 BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account