Research Repository

PENGARUH MODELVISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPENKELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author SYLVIA, WIRNA
dc.date.accessioned 2021-12-06T00:50:54Z
dc.date.available 2021-12-06T00:50:54Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16931
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami isi cerita rakyat menggunakan Model Pembelajaran. Populasi Visual, Auditori, Kinestetik (VAK). dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal yang berjumlah 180 orang yang tersebar dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan disain penelitian True Experimental design tipe Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas VIII-1 (kelas eksperimen) yang menggunakan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) berjumlah 32 siswa adalah 79,29 menunjukan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 13 siswa (40%) sangat baik, 9 siswa (28%) baik, 5 siswa (16%) cukup, 5 siswa (16%) kurang dan 0 siswa ( 0%) sangat kurang. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh pada kelas VIII-4 (kelas kontrol) dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional berjumlah 32 orang adalah 63,65 menunjukan kemampuan kurang. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 12 siswa (38%) sangat baik, 3 siswa (9%) baik, 1 siswa (3%) cukup, 9 siswa (28%) kurang, 7 siswa (22%) sangat kurang. Berdasarkan penjelasan di atas hasil hipotesis membuktikan nilai rata-rata hasil kerja siswa yang menngunakan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) sebesar 79,29 lebih tinggi dari pada hasil rata-rata siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional sebesar 63,65. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) terhadap kemampuan menulis cerpen kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2020-2021. en_US
dc.subject Visual en_US
dc.subject Cerpen en_US
dc.title PENGARUH MODELVISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPENKELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account