Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis modul
digital pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII serta untuk
mengetahui kelayakan hasil pengembangan bahan ajar berbasis modul digital pada
materi kubus dan balok di SMP kelas VIII berdasarkan penilaiaan ahli materi, ahli
media dan respon siswa. Sampel pada penelitian ini ialah siswa SMP PAB 2
HELVETIA kelas VIII yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian dan pengembangan (Research and development). Model
pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode ADDIE (analysis,
design, development, implementation, evaluation). Instrument penelitian yang
digunakan yaitu validasi ahli materi dan validasi ahli media. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian ini berupa
bahan ajar berbasis modul digital pada materi kubus dan balok yang layak
digunakan. Kelayakan diperoleh dari validasi ahli materi dan validasi ahli media
menyatakan layak dengan persentase rata - rata penilaian ahli materi dan
persentase rata – rata penilaian ahli media Respon siswa terhadap bahan ajar
yang dikembangkan memiliki persentase rata – rata penilaian . Sehingga
dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis modul digital pada materi kubus dan
balok untuk siswa SMP kelas VIII layak digunakan sebagai bahan ajar dalam
proses pembelajaran.