Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis secara simultan
pengaruh reputasi dan promosi terhadap keputusan nasabah membuka tabungan
haji pada PT. Bank SUMUT KCPSy HM. Yamin, Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer, Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah Tabungan Mabrur di Bank
SUMUT Syariah KCPsy HM Yamin yang berjumlah 3.343 Nasabah, sampling
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik slovin dengan jumlah sampel
70 orang, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adala analisis
regressi linier berganda dengan uji hipotesis t dan f, adapun yang menjadi hasil
peneitian adalah, Terdapat pengaruh antara variabel X1 (reputasi) terhadap
variabel Y (keputusan nasabah) yang ditunjukkan oleh nilai t hitung yang lebih
besar dari t tabel yakni 3,915 > t-tabel =1,995, dan nilai signifikasi yang lebih
rendah 0,05 yaitu 0,001, Terdapat pengaruh antara variabel X2 (promosi ) terhadap
variabel Y (keputusan nasabah) yang ditunjukkan oleh nilai t hitung yang lebih
besar dari t tabel yakni 4,529 > t-tabel =1,995. dan nilai signifikasi yang lebih
rendah 0,05 yaitu 0,001, Dalam penelitian ini terdapat penagruh antara reputasi,
promosi dengan keputusan nasabah Bank Sumut KCPsy HM Yamin dilihat dari
f-hitung = 24,511> f-tabel =3,13. Dan taraf signfikan 0,000 < 0,05, Nilai
determinasi menunjukan pengaruh yang cukup tinggi pengaruh antar variabel
bebas ke variabel terikat hal ini ditunjukan dengan nilai R square pada tabel diatas
bernilai 0,470 atau senilai 47% . dimana sisanya dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti di penelitian ini