Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Kemuhammadiyahan
SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun pelajaran 2020/2021. untuk mengetahui implementasi
peserta didik pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan SMP Muhammadiyah 57 Medan
Tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui pengawasan guru teradap perserta didik
pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun pelajaran
2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian
menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam di SMP
Muhammadiyah 57 Medan guru pendidikan agama islam membuat perencanaan strategi
termasuk memilih pendekatan metode dan teknik, pemilihan media yang digunakan sehingga
materi yang di sampaikan dapat diterima siswa dengan baik, menyiapkan sumber belajar,
membuat perencanaan evaluasi dan penyusunan perangkat pembelajaran sebagai acuan
dalam kegiatan pembelajaran. Implementasi peserta didik pada mata pelajaran
kemuhammadiyahan yaitu dengan: Penyusunan silabus. Silabus dan Membuat Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran. Pengawasan Guru teradap Perserta Didik pada Mata Pelajaran
Kemuhammadiyahan SMP Muhammadiyah 57 Medan dilakukan dengan cara pengawasan
pendahuluan yaitu dirancang untuk mengantisipasi adanya penyimpangan dari standar atau
tujuan dan memungkinkan koreksi dibuat sebelum suatu tahap kegiatan tertentu diselesaikan.
Pengawasan yang dilakukan bersama dengan pelaksanaan kegiatan yaitu proses di mana
aspek tertentu dari suatu prosedur harus disetujui dulu atau syarat tertentu harus dipenuhi
terlebih dahulu sebelum kegiatan-kegiatan dapat dilanjutkan, untuk menjadi semacam
peralatan "double check" yang telah menjamin ketepatan pelaksanaan kegiatan dan
Pengawasan umpan balik yaitu mengukur hasil-hasil dari suatu kegiatan yang telah
diselesaikan. Dari manajemen kegiatan pembelajaran terebut diketahui bahwa adanya
peningkatan mutu belajar siswa.