Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Di Kelas Vii Smp Pab 02 Helvetia T.A. 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.author Firdaus, Muliawan
dc.date.accessioned 2021-12-03T08:08:38Z
dc.date.available 2021-12-03T08:08:38Z
dc.date.issued 2021-10-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16865
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan metode penemuan terbimbing, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.A. 2021/2022 setelah diterapkan metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.A. 2021/2022, yang di ambil 1 kelas dari 6 kelas yang ada, yaitu kelas VII yang berjumlah 15 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Himpunan dengan penerapan metode penemuan terbimbing. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah yaitu pada tes kemampuan pemecahan masalah awal dengan nilai rata-rata 35 (sangat rendah), pada tes kemampuan pemecahan masalah Siklus I dengan nilai rata-rata 55,5 (sangat rendah), dan pada tes kemampuan pemecahan masalah Siklus II dengan nilai rata-rata 80,6 (tinggi). Selain itu, kemampuan peneliti mengelola pelajaran mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II yaitu dari total kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup pada Siklus I sebesar 61,8 dan pada Siklus II sebesar 86,5 dan N-Gain yang diperoleh sebesar 0,5. Maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia karena kemampuan pemecahan masalah siswa sudah mencapai target minimal kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 85% dari siswa yang mengikuti tes mencapai tingkat penguasaan minimal 70 (TKPM sedang). en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pemecahan Masalah Matematis en_US
dc.subject Metode Penemuan Terbimbing en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Di Kelas Vii Smp Pab 02 Helvetia T.A. 2021/2022 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account