Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana upaya guru
untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan
penerapan metode penemuan terbimbing, (2) Bagaimana peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII SMP PAB 2
Helvetia T.A. 2021/2022 setelah diterapkan metode penemuan terbimbing.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.A. 2021/2022, yang di ambil
1 kelas dari 6 kelas yang ada, yaitu kelas VII yang berjumlah 15 siswa. Objek
dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi
Himpunan dengan penerapan metode penemuan terbimbing. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian
terdiri dari 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Peningkatan
kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari tingkat kemampuan siswa
memecahkan masalah yaitu pada tes kemampuan pemecahan masalah awal
dengan nilai rata-rata 35 (sangat rendah), pada tes kemampuan pemecahan
masalah Siklus I dengan nilai rata-rata 55,5 (sangat rendah), dan pada tes
kemampuan pemecahan masalah Siklus II dengan nilai rata-rata 80,6 (tinggi).
Selain itu, kemampuan peneliti mengelola pelajaran mengalami peningkatan
dari Siklus I ke Siklus II yaitu dari total kegiatan awal, kegiatan inti, dan
penutup pada Siklus I sebesar 61,8 dan pada Siklus II sebesar 86,5 dan N-Gain
yang diperoleh sebesar 0,5. Maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode
penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia karena kemampuan
pemecahan masalah siswa sudah mencapai target minimal kemampuan
pemecahan masalah yaitu sebesar 85% dari siswa yang mengikuti tes mencapai
tingkat penguasaan minimal 70 (TKPM sedang).