Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalis kualitas pelayanan dan
pengelolaan akad mudharabah berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk
menjadi nasabah Tabungan Marhamah pada PT. Bank SUMUT KCPSy HM.
Yamin Medan, Lokasi dan Waktu Penelitian. Lokasi Penelitian merupakan tempat
penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti, untuk mendapatkan data-data yang
diinginkan oleh peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank SUMUT KCPSy
HM.Yamin Medan, Waktu penelitian merupakan jadwal lamanya penelitian yang
akan dilakukan, sampai pada akhir penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Juli 2021 s/d Agustus 2021, populasi yang digunakan adalah jumlah
nasabah tabungan dari tahun 2016 sampai 2020 yaitu sebanyak 618 populasi,
penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 87sampel, penelitian ini menggunakan teknik analisis regressi linier
berganda. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan berpengaruh terhadap Minat
nasabah terlihat dari t-hitung > t-tabel (5.413>1.988) dan taraf signifikan yang
lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Dalam penelitian ini pengelola akad
berpengaruh terhadap Minat nasabah terlihat dari t-hitung > t-tabel (6.358>1.988)
dan taraf signifikan yang lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Dalam penelitian ini
kualitas pelayanan dan pengelolaan akad berpengaruh terhadap minat nasabah hal
ini terlihat dari Fhitung Ftabel (48.210> 3.10) dan taraf signifikan yang lebih kecil
dari 0.05 (0.000 < 0.05), koefisien determinasi menunjukan 53.4 % besaran ikatan
variabel, pengelolaan akad, kualitas pelayanan terhadap minat nasabah pada Bank
SUMUT KCPSy HM Yamin, sedangkan sisanya 46.6% adalah hal lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.