Research Repository

Konsep Etika Pendidik Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Karya Muhammad Hasyim Asy’ari

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Nur Hafifah Maghfiroh
dc.date.accessioned 2021-12-02T14:18:08Z
dc.date.available 2021-12-02T14:18:08Z
dc.date.issued 2021-10-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16795
dc.description.abstract Etika merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan Islam. Keberadaannya selalu dibutuhkan karena mempunyai peranan penting dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan Islam. Pemikiran KH. Hasyim As‟ari tentang etika pendidik dimulai dari dirinya sendiri agar berperilaku baik. Kemudian, diajarkan pada peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Menurutnya, tujuan pendidikan pada setiap manusia adalah untuk menjadi insan purna agar semakin dekat dengan Sang Pencipta dan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi tokoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dari data utama yang diperoleh dari kitab Adab al-„Ᾱlim wa al-Muta„allim karya KH. Hasyim Asy‟ari. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah content analysis (analisis isi) dan analisis deskriptif. Bentuk penelitian ini jika ditinjau dari pespektif sumber data penelitian, maka penelitian ini menggunakan library research (studi kepustakaan). Dalam kitab Adab al-Alim wa al- Muta‟alim, Hasyim Asy‟ari menyebutkan nilai etis moral harus menjadi desain besar orang hidup di dunia. Sehingga seorang pemberi ilmu mengamalkan ilmunya dalam kehidupan keseharian dengan perilaku hidup tawakkal, wara‟, beramal dengan mengharap ridha Allah semata, bersyukur dan sebagainya. en_US
dc.subject KH. Hasyim Asy'ari en_US
dc.subject Etika en_US
dc.subject Pendidik en_US
dc.title Konsep Etika Pendidik Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim Karya Muhammad Hasyim Asy’ari en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account