Abstract:
Penelitian ini dibuat karena ditemukan fenomena bahwa anak-anak kurang
memperhatikan pelajaran. Anak-anak suka bermain ketika belajar. Anak-anak
sering mengganggu teman saat belajar Rumusan masalah yang diteliti adalah
Bagaimana minat anak dengan menerapkan model pembelajaran media grafis
pada anak Kelompok B di RA Daaru Al-Athfal Kota Tanjungbalai? Apakah dengan
menerapkan model pembelajaran media grafis ada peningkatan minat anak di
Kelompok B di RA Daaru Al-Athfal Kota Tanjungbalai? Apakah media
pembelajaran sudah memadai?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana minat anak dengan menerapkan model pembelajaran media grafis
pada anak Kelompok B di RA Daaru Al-Athfal Kota Tanjungbalai. Untuk
mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran media grafis ada
peningkatan Minat anak di Kelompok B di RA Daaru Al-Athfal Kota Tanjungbalai.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), peneliti
ini tidak dilakukan sendiri namun bekerja sama dengan guru.Penelitian ini
dilakukan dari mulai perencanaan pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi.
Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa upaya
meningkatkan minat belajar melalui media grafis di RA Daaru Al-Athfal Kota
Tanjungbalai dapat ditingkatkan. Peningkatan ini dapat dilihat dari adanya
peningkatan rata-rata dari tahap pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3.
Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirataratakan
peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus sebesar
22,22%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya adalah 47,22%, siklus 2 rata-ratanya
adalah 68.89% dan siklus 3 rata-ratanya adalah 88,89%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan
dengan media grafis dapat meningkatkan minat belajar di RA Daaru Al-Athfal Kota
Tanjungbalai.