Abstract:
Iklan merupakan bentuk komunikasi yang mempunyai peranan penting untuk
memperkenalkan suatu produk berupa barang dan jasa kepada masyarakat.
Beragam bentuk iklan menarik dan kreatif di media cetak maupun media
elektronik memunculkan fenomena dalam iklan sehingga menimbulkan gaya
hidup baru. Hal itu dapat diartikan sebagai usaha iklan untuk selalu menonjolkan
keunggulan produk yang diiklankan.Oleh karena itu, pembuat iklan berusaha
menyampaikan iklan dengan baik agar dapat diterima oleh konsumen. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kajian
pragmatik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis data
kualitatif. Penelitian ini berfokus pada tuturan iklan kecantikan yang mengandung
praanggapan. Data penelitian ini adalah tuturan iklan pada katalog kecantikan
wardahedisi pricelist best seller yang di dalamnya terdapat praanggapan. Sumber
data penelitian ini berupa tuturan iklan dari beberapa iklan di katalog kecantikan
wardah edisi pricelist best seller. Instrument penelitian dilakukan dengan bentuk
dokumentasi dan catat. Hasil analisis data penelitian menggunakan penyajianin
formal.