Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pengembangan LKPD
Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Bangun Datar?,
Apakah LKPD menggunakan model problem based learning layak sebagai media
pembelajaran untuk peserta didik?, Bagaimana respon peserta didik terhadap
LKPD dengan menggunakan model Problem Based Learning?. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD menggunakan model problem based
learning pada materi bangun datar yang valid dan layak. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian pengembangan dan menggunakan prosedur penelitian 4-D (fourD)
yang dimodifikasi menjadi 3-D (three-D), yaitu tahap pendefinisian (define),
tahap perancangan (design), dan tahap pengeembangan (development). Hasil
penelitian ini: 1) peneliti telah menghasilkan LKPD menggunakan model problem
based learning pada materi bangun datar pokok bahasan keliling dan luas
segitiga; 2) hasil penilaian lembar kerja peserta didik dari ahli materi sebesar
81,5% dengan tingkat kevalidan cukup valid dan penilaian LKPD dari ahli media
sebesar 83,5% dengan tingkat kevalidan cukup valid; 3) memperoleh hasil
penilaian melalui angket respon peserta didik dengan rata-rata persentase 85,96%
dengan kategori sangat positif. Dari hasil penilaian ahli materi, ahli media dan
respon peserta didik, maka LKPD yang dikembangkan valid dan layak digunakan
sebagai media pembelajaran oleh peserta didik.