dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur organisasi,
pemberdayaan dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA swasta se
kecamatan siantar barat baik secara parsial maupun simultan.
Sampel pada penelitian ini adalah guru sekolah SMA swasta sekecamatan
siantar barat yang berjumlah 108 orang. Data dalam penelitian ini adalah data primer.
Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Metode analisa yang digunakan
adalah model Regresi Linear Berganda. Untuk menguji hipotesis secara simultan
digunakan Uji F dan secara parsial digunakan Uji t.
Hasil dari pengujian yang dilakukan dengan SPSS diperoleh persamaan
regresi berganda: Y = 8,215 + 0,379X1 + 0,259X2 + 0,259X3,yang berarti nilai
konstanta sebesar 8,215 yang menunjukkan bahwa apabila struktur organisasi,
pemberdayaan dan motivasi berprestasi diasumsikan bernilai nol, maka nilai dari
kinerja guru adalah sebesar 8,215. Jika variabel bebas meningkat 1% maka kinerja
guru akan meningkat.
Hasil hipotesa uji thitung variabel penelitian adalah variabel struktur organisasi
diperoleh thitung 6,148 dengan probabilitas signifikan 0,000 lebih kecil dari tingkat
keyakinan (level of significant) = 0,05, variabel pemberdayaan diperoleh thitung
2,853 dengan probabilitas signifikan 0,005 lebih kecil dari tingkat keyakinan (level of
significant) = 0,05. variabel motivasi berprestasi diperoleh thitung 3,197 dengan
probabilitas signifikan 0,002 lebih kecil dari tingkat keyakinan (level of significant)
= 0,05. Maka keputusan yang diambil adalah menolak H0 dan menerima Ha,
artinya struktur organisasi, pemberdayaan dan motivasi berprestasi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA se kecamatan siantar barat. |
en_US |