dc.description.abstract |
Suatu organisasi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru perlu gaya
kepemimpinan kepala sekolah yang transformasional . Kepemimpinan kepala
sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru dengan
membina tenaga kependidikan dengan mengupayakan perubahan kearah yang
lebih baik. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif dan
metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan transformasional kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 2 Pematangsiantar
melalui empat komponen kemampuan kepala sekolah yaitu kemampuan untuk
berlaku inovatif dan kreatif dengan mengubah situasi lama dengan cara baru,
kemampuan memberikan perhatian khusus dengan berprilaku sebagai pelatih dan
mentor, kemampuan memberikan motivasi yang menginspirasi dan kemampuan
memberikan tauladan yang dapat dihormati dan di percaya. Dari hasil penelitian
menguraikan bahwa kepala sekolah SMA Negeri 2 Pematangsiantar dalam
melaksanakan kepemimpinannya telah menerapkan gaya kepemimpinan
transformasional : (1) Kepala sekolah SMA Negeri 2 Pematangsiantar sudah
memberikan kebebasan pada para guru untuk berinspirasi dan berkolaborasi
dalam menyampaikan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif dalam mentransfer
ilmu pengetahuan kepada para siswa dengan menggunakan metode gaya mengajar
yang baru dan memanfaatkan sarana dan prasarana, dengan begitu akan dapat
menerima informasi yang lebih baik. (2) Kepala sekolah SMA Negeri 2
Pematangsiantar sudah dapat menjadi pendengar yang baik bagi para guru yang
menghadapi masalah dan memerlukan perhatian dan pemecahan masalah. (3)
Sosok kepala sekolah SMA Negeri 2 Pematangsiantar sudah memberikan contoh
prilaku yang baik dan menghasilkan rasa hormat seta mampu menumbuhkan rasa
percaya dari semua anggota masyarakat sekolah terutama bagi para guru.yang
nantinya guru itu akan dicontoh juga oleh para siswanya.(4) Kepala Sekolah SMA
Negeri 2 Pematangsiantar dalam bertindak beliau selalu mengutamakan
kepentingan organisasi daripada kepentingan pribadi, dimana beliau selalu
memperlihatkan dalam hal urusan pribadi, beliau selalu mengutamakan
kedatangannya kesekolah dulu walaupun sebentar, baru dia permisi untuk urusan
kepentingan pribadinya. |
en_US |