Abstract:
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial Lazismu
Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Di Lazismu Kota Medan. Motede
penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Maka dari itu metode
dalam penelitian ini menggunakan sample yang diambil sebanyak 88 masyarakat
umum / responden. Teknik yang digunakan yaitu Probability Sampling dengan
menggunakan metode Simple Random Sampling. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data adalah deskripstif responden,
analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi sederhana, dan uji
hipotesis diolah dengan program SPSS V 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa diketahui nilai Koefisien Determinasi (R2
) adalah sebesar 0.118 atau
10.8%.
Diperoleh thitung 3.399 dengan Sig, lebih kecil dari nilai t nilai 0.001 < 0.05 untuk
variabel X, maka diperoleh ttabel dengan Df = 85 (1.992), maka diperoleh nilai thitung
sebesar 3.399 > 1.992, sehingga dapat disimpulkan : “Pengaruh variabel X
terhadap variabel Y” adalah signifikan.
Kesimpulan yang di dapat dalam penelitian ini adalah minat masyarakat untuk
menjadi muzakki dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan, dan
media sosial adalah alat bantu lembaga untuk penyampaian suatu informasi,
sehingga masyarakat lebih mudah dalam pnegelolaan informasi yang didapat dari
Lazismu tersebut, dan semakin banyak informasi yang didapat, semakin banyak
pula minat masyarakat untuk menjadi muzakki di Lazismu Kota Medan.