Abstract:
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang kreativitas anak yang masih
rendah, sehingga tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas anak melalui
berkesplorasi dengan limbah kertas pada anak RA Dinda Hafidzah Islamic School
Patumbak Deli Serdang agar anak dapat belajar dengan baik. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah apakah melalui bereksplorasi dengan limbah kertas dapat
meningkatkan kreativitas anak RA Dinda Hafidzah Islamic School Patumbak Deli
Serdang dengan subjek penelitian 15 anak.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dan
pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kreativitas
anak melalui bereksplorasi dengan limbah kertas pada anak RA Dinda Hafidzah
Islamic School Patumbak Deli Serdang berhasil ditingkatkan. Peningkatan tersebut
dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra
siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas.
Ketentuan keberhasilan minimal anak adalah berkembang sesuai harapan, maka
dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus
15,1%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya adalah 26,7%, pada siklus 2 terjadi
peningkkatan dengan rata-rata, 55,1%, selanjutnya pada siklus 3 rata-rata yang
diperoleh anak adalah 93,4%. Hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa
penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan kreativitas anak.