Abstract:
Pandemi Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan istilah Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga telah menimbulkan economic shock yang salah satunya berpengaruh terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya makanan cepat saji. Perkembangan ekonomi digital turut berpengaruh terhadap kegiatan perekonomian saat ini yaitu adanya aplikasi marketplace seperti Gojek dengan fitur Go-food dan Grab dengan fitur Grab-food yang memiliki hubungan erat dengan perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) makanan cepat saji khususnya pada saat pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Usaha Kecil Menengah (UKM) makanan cepat saji yang terdapat di marketplace Grab-food dan Go-food sebelum dan saat pandemic Covid-19 di Kota Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui bagaimana variable harga promosi dan minat beli yang dapat mempengaruhi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga dapat memperoleh pendapatan (omset) sedangkan metode penelitian komparatif digunakan untuk menguji kebenaran adanya perbedaan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebelum dan selama pandemic Covid-19. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat perbedaan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) makanan cepat saji yang bermitra dengan marketplace sebelum dan selama pandemi Covid-19 di Kota Medan