dc.description.abstract |
Objek wisata paloh naga merupakan salah satu objek wisata yang ada di
desa wisata kampoeng lama yang berada di Kabupaten Deli Serdang, objek
wisata paloh naga ini terletak di Kecamatan Pantai Labu. Objek wisaa paloh naga
memiliki keindahan alam hijaunya persawahan yang membentang luas. Di lokasi
objek wisata paloh naga pengunjung akan dikenalkan dengan pasar tradisional
paloh naga atau yang disingkat dengan PTPN, di pasar tradisional paloh naga ada
beraneka macam jajanan tradisional yang pada massa sekarang sangat sulit kita
temui. Dalam hal ini pengurus objek wisata paloh naga memerlukan strategi
promosi objek wisata paloh naga melalui jajanan tradisional sebagai daya tarik
wisatawan. Manfaat dalam penelitian ini sekiranya dapat menambah pengetahuan
dalam bidang komunikasi pemasaran sekalius dapat memberi kontribusi pada
pengurus objek wisata paloh naga untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu
tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses strategi promosi objek wisata
melalui jajanan tradisional di paloh naga untuk meningkatkan jumlah wisatawan.
Teori yang dipakai dalam penelitian ini mencakup teori komunikasi, pemasaran,
strategi, promosi. Media sosial, objek wisata, dan jajanan tradisional. Narasumber
dalam penelitian ini terdapat 7 orang antara lain 1 kepala desa, 2 pengurus objek
wisata paloh naga dan 4 pengunjung objek wisata paloh naga. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi selanjutnya di analisis dengan
berdasarkan kategorisasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
pomosi objek wisata melalui jajanan tradisional dipaloh naga dengan
menggunakan media sosial dan media cetak telah berhasil membuat jumlah
pengunjung yang datang ke objek wisata paloh naga meningkat. |
en_US |