dc.description.abstract |
Penelitian ini menganalisis tentang user experience aplikasi telegram pada tingkat
kepuasan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar pengaruh
variabel user experience, yaitu value, desirability, adoptabilty, dan usability terhadap
kepuasan mahasiswa sebagai pengguna Telegram. Jenis penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan metode survei. Adapun responden penelitian ini adalah
mahasiswa departemen Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu studi pustaka, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap
kepuasan pengguna telegram yaitu variabel kegunaan (usability) dan variabel
keinginan (desirability). Hal ini dibuktikan dengan jumlah sumbangan efektif (SE)
variabel usability sebesar 27,01% dan SE variabel desirability sebesar 8,76% dari
sumbangan bersama-sama sebesar 38,8% terhadap pengaruh kepuasan pengguna
aplikasi telegram pada mahasiswa Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri
Sumatera Utara, sedangkan sisanya 61,2% kepuasan pengguna telegram dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |
en_US |