dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel varibel yang tengah dikaji, yaitu Organisasi Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan
Strategi Pembelajaran terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa SMK di
Kota Binjai. Penelitian dilakukan pada SMK yang melaksanakan pembelajaran
daring dengan menggunakan aplikasi tertentu, yaitu SMK Negeri 1 Binjai dan
SMK Negeri 2 Binjai, dengan periode penelitian yaitu sejak Januari – Maret tahun
2021. Populasi penelitian yaitu seluruh tenaga pendidik, yaitu guru yang berstatus
PNS dan Honorer di SMK Negeri 1 Binjai yang berjumlah 76 orang, dan di SMK
Negeri 2 Binjai yang berjumlah 100 orang. Sehingga total populasi penelitian
yaitu 176 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 64 orang. Instrument
yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi tentang obyek yang akan
diteliti yaitu angket dengan pendekatan skala likert. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu Uji Asumsi Klasik dan Analisis Jalur (Path Analisys). Hasil
analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Organisai Sekolah
terhadap Strategi Pembelajaran, dengan nilai t hitung: 3,877. Ada pengaruh
Motivasi Kerja Guru terhadap Strategi Pembelajaran dengan nilai t hitung: 4,537.
Nilai pengaruh variabel Organisasi Sekolah dan Motivasi Kerja Guru secara
bersama-sama terhadap Strategi Pembelajaran sebesar 52,4%. Sementara itu
variabel Organisasi Sekolah tidak berpengaruh langsung terhadap variabel
Efektivitas Pembelajaran Daring, dengan nilai t hitung: -0,274. Ada pengaruh
Motivasi Kerja Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring, dengan nilai t
hitung: 3,837. Ada pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Efektivitas
Pembelajaran Daring, dengan nilai t hitung: 2,678. Nilai pengaruh variabel
Organisasi Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Strategi Pembelajaran secara
bersama-sama terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring sebesar 50,9%. |
en_US |