Abstract:
SKCK online atau surat keterangan catatan kepolisian merupakan sebuah
program pelayanan administrasi berbasis teknologi informasi yang dapat di akses
melalui aplikasi polisi kita yang bertujuan untuk mempercepat dan memudahkan
pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan administrasi yang lambat
sehingga hal ini dapat meningkatkan kualiatas pelayanan publik. Oleh sebab itu,
pihak Polrestabes membuat suatu pelayanan yang modern berbasis aplikasi dalam
meningkatkan pelayanan publik. Adapun yang menjadi permasalahan dalam
penelitian ini adalah bagaimana strategi program surat keterangan catatan
kepolisian (skck) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat masa pandemi covid-19
di polrestabes Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi program
surat keterangan catatan kepolsian (skck) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat
masa pandemi covid-19 di polrestabes Medan. Adapun metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif,
dan pengumpulan data melalui wawanacara terbuka. Berdasarkan dari hasil
penelitian yang dilakukan penelulis menunjukkan bahwa program SKCK belum
berjalan dengan efektif, karena ditemukan kendala-kendala yang terjadi terkait
pelayanan Program SKCK online tersebut. Banyak masyarakat yang tidak
memahami dalam proses pelayanan dengan menggunakan sistem pelayanan
berbasis aplikasi dan kendala dijaringan server aplikasi polisi kita yang sering
mengalami gangguan hal ini menyebabkan proses pelayanan online tersebut
menjadi tidak efektif dan efeisen.