Research Repository

Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Pemikiran Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandari Dalam Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’

Show simple item record

dc.contributor.author Annisa
dc.date.accessioned 2021-11-29T17:10:05Z
dc.date.available 2021-11-29T17:10:05Z
dc.date.issued 2021-10-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16471
dc.description.abstract Penelitian ini dibuat untuk mendeskripsikan pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’. Rumusan masalah yang di teliti adalah bagaimana pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dan bagaimana metode pendidikan akhlak yang dilakukan Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandary dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang bersifat kualitatif dengan pendekatan biografi naratif. Dalam hal ini pendidikan akhlak anak yang bersumber dari kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ adalah karya Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandary dan beliau menggunakan metode pemaparan deskriptif. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan metode gerounded theory (penelitian studi pustaka) yaitu penelitian yang mengacu pada sumber kepustakaan seperti buku, artikel, catatan, internet dan sebagainya. Dengan menggunakan sumber primer dari kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dan sumber sekunder dari buku-buku yang menunjang penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi mengenai data terkait yaitu menggunakan studi dokumentasi yang bersumber dari buku-buku sebagai bahan utama dalam peroses penelitian. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode grounded theory, dimana data merupakan proses sistematis pencarian dan pengaturan dari hasil penelitian yang menunjukkan sebuah fakta dalam penelitian studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan beberapa metode pendidikan akhlak dalam kitab tersebut di antaranya adalah: pendidikan akhlak kepada Allah dan rasul-Nya, pendidikan akhlak kepada kedua orang tua, pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu, pendidikan akhlak kepada guru, pendidikan akhlak kepada teman, pendidikan akhlak kepada masyarakat, pendidikan akhlak terhadap diri sendiri dan akhlak terhadap negara. Dan adapun metode pendidikan dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ diantaranya adalah: metode diskusi, metode nasehat, metode menghafal, metode kisah, metode pembiasaan diri, metode perumpamaan dan metode targhib dan tarhib. en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Akhlak en_US
dc.subject Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ en_US
dc.title Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Pemikiran Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandari Dalam Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account