Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Abjad pada Anak Usia Dini di Paud Khusnul Hafzan Paya Bakung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa PAUD Khusnul Hafzan yang berjumlah 31 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan angket, checklist, dan rating scale dengan teknik analisis data uji normalitas, uji homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pretest kedua kelas yaitu kelas ekperimen dengan nilai rata-rata adalah 40 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata adalah 33,75, dan setelah dilakukan perlakuan berbeda maka nilai posttest kedua kelas yaitu pada kelas ekperimen dengan nilai rata-rata adalah 75 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata adalah 66,25 adanya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia dini di paud khusnul hafzan. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung(1,99) >ttabel(1,699) dengan ini penelitian yang dilakukan diterima dan terbukti kebenarannya.