Abstract:
Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Medan diatur dalam Peraturan Daerah Kota Medan nomor 5 tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana implementasi Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) di Kecamatan Medan Sunggal. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara terstruktur kepada kepala yayasan dan guru serta orang tua murid di YP. Al-Khairiyah Sunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pelaksanaan Diniyah Takmiliyah di YP. Al-Khairiyah sudah berjalan efektif dan terarah. Pencapaian tujuan yang dilakukan YP. Al-Khairiyah diiringi dengan upaya-upaya yang sistematis dan terarah, seperti membuat laporan seluruh aktivitas kegiatan pendidikan Diniyah Takmiliyah secara berkala, melakukan evaluasi serta adanya tim pengawas yang selalu melakukan pemantauan. Selain itu, tindakan yang dilakukan adalah dengan membuat RPP, mewajibkan seluruh siswa untuk menghapal ayat dan surat, memberikan LKS, kegiatan ekstrakulikuler yang bernuansa islami dan umum serta adanya penentuan target pembelajaran yang harus dicapai. Guru-guru yang berkontribusi mengajar di YP. Al-Khairiyah adalah guru yang berkompeten di jurusan dan materi pelajaran dan proses pelaksanaan kegiatan berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan juga sudah berjalan dengan efektif dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam kebijakan.