Abstract:
Penelitian ini dilakukan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemannfaatan program Medan Rumah Kita
(MRK) dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kota Medan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengolahan data
kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk membedah suatu fenomenal
dilapangan dan menjabarkan temuan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dari
tiga informan diketahui bahwa pemanfaatan program Medan Rumah Kita (MRK)
dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kota Medan sudah berjalan
dengan efektif namun belum maksimal. Hal ini didasarkan pada kategorisasi seperti
adanya tujuan, prosedur, sasaran dan tanggung jawab pegawai diskominfo terkait
penggunaan aplilakasi ini. Program MRK ini adalah bentuk kreatifiyas pemerintah
Kota Medan untuk menghadapi dan mengupdate problem solver yang terjadi di Kota
Medan setiap harinya. Salah satu upaya pemerintah Kota Medan dalam meluncurkan
aplikasi ini adalah menciptakan e-government yang bertujuan untuk menjadikan
pelayanan publik ke arah yang lebih baik lagi. Memudahkan dan memberikan wadah
kepada masyarakat Kota Medan dalam mengaspirasikan aduan mereka dengan lebih
mudah dan cepatdan menjadikan Kota Medan smart city. Namun, hambatan yang
masih terjadi dalam pelaksaan program ini masih dengan keterbatasan ekonomi dari
masyarakat Kota Medan yang tidak mempunyai smartphone untuk mendownload
aplikasi ini. Kurangnya pemahaman masyarakat dalam penggunaan aplikasi ini juga
masih menjadi masalah terkait pelaksaanaan program ini. Sehingga pemerintah Kota
Medan perlu mempublikasikan program ini serta melakukan bimbingan tekhnis
dalam penggunaannya demi tercapainya tujuan dalam pelaksaanaan program ini.