Abstract:
Adapun tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk
mengetahui standar pelayanan yang ada pada PT. Bank SUMUT Syariah KCP Kota
Baru Marelan, dan untuk mengetahui penerapan dimensi CARTER pada layanan PT.
Bank SUMUT Syariah KCP Kota Baru Marelan. Rumusan masalah yang diteliti adalah
bagaimana standar pelayanan yang ada pada PT. Bank SUMUT Syariah KCP Kota Baru
Marelan dan bagaimana penerapan dimensi CARTER pada layanan PT. Bank SUMUT
Syariah KCP Kota Baru Marelan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif
dengan pendekatan penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan pada PT. Bank Sumut Syariah KCP Kota Baru Marelan, maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan dimensi CARTER yang telah dilakukan di PT. Bank Sumut
Syariah KCP Kota Baru Marelan sudah diterapkan dengan baik, dari segi kepatuhan
terhadap syariah, keramahan, kompetensi, keamanan, kehandalan, empati serta respon
cepat tanggap yang dimiliki oleh pegawai PT. Bank Sumut Syariah KCP Kota Baru
Marelan. Hal ini dibuktikan dari kesamaan jawaban kedua narasumber pada PT. Bank
Sumut Syariah KCP Kota Baru Marelan yaitu, Bapak Aidil Fadli Mardia yang menjabat
sebagai wakil pimpinan dan Ibu Astri Andayani yang menjabat sebagai costumer service
yang peneliti wawancarai.