Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kinerja suatu bank ditentukan oleh
seberapa baik bank dalam mengelola usahanya dan menangani para nasabahnya
sehingga dapat memperoleh probabilitas minat nasabah dalam penggunaan
internet banking. Minat nasabah dalam menggunakan internet banking diukur
melalui variabel persepsi teknologi informasi, risiko dan handling complaint.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi
teknologi informasi, risiko dan handling complaint terhadap minat nasabah dalam
menggunakan internet banking pada PT. Bank SUMUT KCSy H.M Yamin. Data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui
penyebaran angket yang dilakukan di PT. Bank SUMUT KCSy H.M Yamin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang
digunakan yaitu jenis penelitian asosiatif. Metode analisis dalam penelitian ini
yaitu uji validitas dan reliabilitas data, uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji
regresi berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Dari hasil penelitian Uji t Parsial,
diperoleh bahwa HO diterima dan Ha ditolak. Menandakan bahwa tidak ada
pengaruh yang signifikan antara Pengaruh persepsi teknologi terhadap Minat
nasabah dalam menggunakan internet banking pada PT. Bank SUMUT KCSy
H.M. Yamin. (2) Dari hasil penelitian Uji t Parsial, diperoleh bahwa HO diterima
dan Ha ditolak. Menandakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara
Resiko terhadap Minat nasabah dalam menggunakan internet banking pada PT.
Bank SUMUT KCSy H.M. Yamin, (3) Dari hasil penelitian Uji t Parsial,
diperoleh bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Menandakan bahwa ada pengaruh
yang signifikan antara Handling Complaint terhadap Minat nasabah dalam
menggunakan internet banking pada PT. Bank SUMUT KCSy H.M. Yamin, (4)
Dari hasil penelitian Uji F, diperoleh bahwa Ho ditolah dan Ha diterima.
Menandakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel independen (X)
secara bersama-sama terhadap variabel dependen (Y)