Abstract:
Fender merupakan bantalan yang diletakkan di depan dermaga yang berfungsi
untuk melindungi badan kapal dan dermaga karena gesekan pada saat kapal merapat
yang menghasilkan energi yang disebut berthing energy. Apabila fender tidak dapat
menahan beban yang bekerja maka gaya bentur yang terjadi akan mempengaruhi
struktur dermaga sehingga struktur dermaga akan mengalami kerusakan. Di dalam
tugas akhir ini dilakukan pemodelan dan simulasi fender untuk terminal penumpang
Bandar Deli dengan 3 jenis pemodelan yaitu V fender, M fender dan rectangular
fender dengan lendutan yang diijinkan oleh pabrikan sebesar 45% dari tinggi
fender. Dihasilkan energi bentur senilai 0,712 ton-m dan gaya sandar senilai 0,766
ton yang berasal dari kapal KM. Kelud berkapasitas 3175 DWT. Analisis FEM
dilakukan dengan bantuan software Solidworks untuk mendapatkan nilai tegangan
dan displacement yang selanjutnya dilakukan perhitungan nilai kekakuan masingmasing tipe fender untuk mengetahui kekuatan struktur. Perhitungan analisa
mendapatkan nilai tegangan dan displacement untuk V fender senilai 0,03618
N/mm2
dan 1,2134 mm, M fender senilai 0,17476 N/mm2
dan 8,0253 mm, dan untuk
rectangular fender senilai 0,21319 N/mm2
dan 3,3476 mm. Hasilnya menunjukkan
bahwa ketiga jenis fender aman terhadap deformasi plastis dan memenuhi lendutan
ijin.