Abstract:
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan sains
anak kelompok B RA WILDAN MEDAN SUNGGAL. Hal ini mungkin dikarenakan
media, metode dan strategi yang digunakan guru belum efektif dan kurang memotivasi
minat belajar anak. Berdasarkan masalah di atas, diharapkan melalui kegiatan metode
discovery learning dapat meningkatkan kemampuan sains anak. Dalam proses
pelaksanannya penelitian yang bersubjek 15 anak dengan rincian 7 anak laki – laki dan 8
anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi
dan dokumentasi hasil karya. Alat yang digunakan adalah lembar instrument penilaian
dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
dilakukan melalui 3 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak kelompok B
pada prasiklus sebanyak 16.7%, pada siklus 1 meningkat menjadi 28.32%, pada siklus 2
meningkat menjadi 43.35% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 83.33%. Perolehan
persentase pada siklus 3 membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator
keberhasilan yaitu kreativitas anak mengalami peningkatan ≥ 80%. Hal ini menyimpulkan
bahwa kemampuan sains anak kelompok B RA WILDAN Medan Sunggal meningkat
dengan baik.