Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan
bercerita anak dengan menggunakan media pop up book di RA Dalihan Natolu
Kecamatan Padang Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mningkatkan kemampuan berceritan anak dengan menggunakan media pop
up book. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga
siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA Dalihan Natolu
dengan obyek anak-anak RA Dalihan Natolu yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri
dari anak laki-laki berjumlah 7 orang dan anak perempuan 13 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan
oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan bercerita anak. Peningkatan
kemampuan bercerita anak, meningkat secara bertahap pada kondisi awal sebelum
pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 26,6%,
sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan motorik kasar anak
sebesar 48,5 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 73,3 %. Pada siklus 3
diperoleh hasil rata-rata kemampuan motorik kasar anak sebesar 80 %. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media pop up book dapat
meningkatkan kemampuan bercerita anak RA Dalihan Natolu Kecamatan Padang
Sidimpuan Utara Kota Padang Sidimpuan