dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar online siswa belum berjalan dengan baik dalam menyelesaikan dan mengumpulkan tugas. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu Bagaimanakah pemahaman teknologi orang tua, aktivitas belajar online siswa, hubungan pemahaman teknologi orang tua dengan aktivitas belajar online siswa kelas III di SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman teknologi orang tua, aktivitas belajar online siswa, hubungan pemahaman teknologi orang tua dengan aktivitas belajar online siswa kelas III SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah jumlah seluruh siswa SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam yang berjumlah 168 siswa. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik Nonprobality Sampling yaitu siswa kelas III SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 juni sampai 26 agustus 2021 di SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemahaman teknologi orang tua dan variabel terikat adalah aktivitas belajar online siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner untuk mengukur pemahaman teknologi orang tua dan aktivitas belajar online siswa yaitu berupa lembar validasi instrument. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dengan melakukan uji prasyarat analisis terlebih dahulu, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pemahaman teknologi orang tua di SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam sebesar 74% termasuk dalam kategori baik. Aktivitas belajar online siswa kelas III SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam sebesar 85% termasuk dalam kategori sangat tinggi. Adapun pemahaman teknologi orang tua dengan aktivitas belajar online siswa kelas III SD IT Yayasan Pendidikan Prima Mandiri Desa Kolam tidak memiliki hubungan. Hal ini terlihat dengan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman teknologi orang tua dengan aktivitas belajar online siswa. Berdasarkan nilai signifikan korelasi product moment yang diperoleh sebesar 0,820 > 0,05, maka dalam pengambilan keputusan analisis korelasi jika nilai signifikan > 0,05 maka tidak terdapat korelasi. |
en_US |