Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak
melalui metode demonsrasi di RA Al-Waritsu Kabupaten Padang Lawas Utara.
Penelitian ini dilakukan di RA Al-Waritsu Kabupaten Padang Lawas Utara. Subjek
dalam penelitian ini adalah anak-anak RA Al-Waritsu Kabupaten Padang Lawas
Utara yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak
perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga
siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar
observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif
sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode demonstrasi
dapat meningkatkan kemampuan berwudhu anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat
dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan
setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH
maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan berwudhu anak yaitu pada pra
siklus 25,8 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 40,8%, siklus 2 rata-ratanya 75,0%
dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 87,5%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran
demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berwudhu anak di RA Al-Waritsu
Kabupaten Padang Lawas Utara