Abstract:
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki pembelajaran berdasarkan hasil
refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ada beberapa tahapan yang seharusnya
dilakukan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan
(Observing), dan refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian rata-rata
secara keseluruhan sebesar 86,6% dengan predikat sangat baik. Peningkatan
tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari
tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Peningkatan pemahaman
kesehatan pada anak melalui kegiatan belajar dengan media audio visual yaitu
10% dari pra siklus ke siklus I, selanjutnya dari siklus I ke siklus II terjadi
peningkatan sebesar 28,4%, kemudian dari siklus II ke siklus III terjadi
peningkatan sebesar 31,5%. Berdasarkan ketentuan keberhasilan anak adalah
BSH dan BSB maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak
yaitu pada pra siklus 16,7%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 26,7%, pada
siklus II terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 55,1%, selanjutnya pada siklus III
rata-rata yang diperoleh anak adalah 86,6%.