Research Repository

Proses Rebranding Aplikasi New PLN Mobile oleh Humas PT.PLN Persero

Show simple item record

dc.contributor.author Adina, Camelia Putri
dc.contributor.author Nasution, Nurhasanah
dc.date.accessioned 2021-11-16T02:13:44Z
dc.date.available 2021-11-16T02:13:44Z
dc.date.issued 2021-06-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15924
dc.description.abstract Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses rebranding yang dilakukan oleh humas PT.PLN Persero dengan melalui bebrapa tahap diantaranya repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching . Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Data diperoleh dari dua orang narasumber diantaranya satu orang pekerja sebagai Asisstant Analyst Komunikasi PT.PLN Persero Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dan Ketua BPC Perhumas. Hasil penelitian menunjukkan proses rebranding yang terdiri dari beberapa tahap diantaranya repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching telah terlaksana dengan baik. Pertama, Humas PLN dalam melakukan tahap repositioning berorientasi mewujudkan customer focused atau kepuasan pelanggan diharapkan agar lebih memudahkan pelanggan dari segi pelayanan kelistrikan dan semakin terintegrasi dengan hadirnya kembali aplikasi ini serta membenahi persepsi publik mengenai kualitas PLN yang semakin baik dalam pelayanan pelanggan. Kedua, renaming nama aplikasi yang semula PLN Mobile menjadi New PLN Mobile. Ketiga, redesigning elemen visual lainnya, seperti logo dan fitur-fitur terbarunya. Keempat, relaunching menjadi tahap akhir dari proses rebranding. Relaunching kepada publik baik kepada publik internal maupun eksternal telah terlaksana dengan baik. Namun, pada tahap ini belum optimal, dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui proses rebranding aplikasi New PLN Mobile. Adapun saran yang yang penulis sampaikan dalam penelitian ini, supaya lebih banyak kegiatan sosialisasi dan publiksi yang menarik kepada masyarakat awam agar publik mengetahui aplikasi tersebut telah melakukan proses rebranding en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject proses rebranding en_US
dc.subject public relations en_US
dc.subject PT.PLN Persero en_US
dc.title Proses Rebranding Aplikasi New PLN Mobile oleh Humas PT.PLN Persero en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account