dc.description.abstract |
Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses rebranding
yang dilakukan oleh humas PT.PLN Persero dengan melalui bebrapa tahap
diantaranya repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching . Metode
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Data diperoleh
dari dua orang narasumber diantaranya satu orang pekerja sebagai Asisstant
Analyst Komunikasi PT.PLN Persero Unit Induk Wilayah Sumatera Utara
dan Ketua BPC Perhumas. Hasil penelitian menunjukkan proses rebranding
yang terdiri dari beberapa tahap diantaranya repositioning, renaming,
redesigning, dan relaunching telah terlaksana dengan baik. Pertama, Humas
PLN dalam melakukan tahap repositioning berorientasi mewujudkan customer
focused atau kepuasan pelanggan diharapkan agar lebih memudahkan
pelanggan dari segi pelayanan kelistrikan dan semakin terintegrasi dengan
hadirnya kembali aplikasi ini serta membenahi persepsi publik mengenai
kualitas PLN yang semakin baik dalam pelayanan pelanggan. Kedua, renaming
nama aplikasi yang semula PLN Mobile menjadi New PLN Mobile. Ketiga,
redesigning elemen visual lainnya, seperti logo dan fitur-fitur terbarunya.
Keempat, relaunching menjadi tahap akhir dari proses rebranding.
Relaunching kepada publik baik kepada publik internal maupun eksternal telah
terlaksana dengan baik. Namun, pada tahap ini belum optimal, dikarenakan
masih banyak masyarakat yang belum mengetahui proses rebranding aplikasi
New PLN Mobile. Adapun saran yang yang penulis sampaikan dalam penelitian
ini, supaya lebih banyak kegiatan sosialisasi dan publiksi yang menarik kepada
masyarakat awam agar publik mengetahui aplikasi tersebut telah melakukan
proses rebranding |
en_US |