Research Repository

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sma Muhamammadiyah 1 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Harfiani, Rizka
dc.date.accessioned 2021-11-04T07:37:10Z
dc.date.available 2021-11-04T07:37:10Z
dc.date.issued 2021-10-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15886
dc.description.abstract Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan sistem pembelajaran daring. Kedua, apa saja faktor penghambat yang dihadapi guru dalam sistem pembelajaran daring. Ketiga, bagaimana evaluasi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam sistem pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, serta siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 Medan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode non statistik yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan teknik kredibilitas dengan strategi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran guru : (a) Perencanaan strategi: guru membuat RPP menyesuaikan dengan silabus pembelajaran jarak jauh. Penggunaan metode pembelajaran berpusat melalui materi yang dikirim guru. Media pembelajaran yang digunakan berbasis multimedia berupa modul salindia dan media komunikasi platform whatsapp group dan google classroom (b) Pelaksanaan strategi: kegiatan pra-pembelajaran dilakukan dalam bentuk interaksi tanya jawab. Interaksi selama pembelajaran, berbentuk pertukaran informasi atau hubungan timbal balik antara guru kepada peserta didik. (2) Kendala yang dihadapi (a) keterbatasan kuota dimiliki peserta didik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan untuk mengikuti kegiatan belajar secara daring. (b) Peserta didik merasa jenuh belajar dari rumah yang menyebabkan stres dan kurang fokus. (3)Evaluasi dan Penilaian: bentuk evaluasi berupa tes pilihan ganda melalui google form dan penilaian dalam bentuk pemberian tugas yang dikerjakan dalam bentuk portofolio. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.title Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sma Muhamammadiyah 1 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account