dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana kemampuan
membaca Al-Qur‟an setelah program tahsin tilawah dilakukan pada mahasiswa
Ma‟had Abu Ubaidan Bin Al-Jarrah (2). Apakah terdapat pengaruh program
tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Quran di Ma‟had Abu Ubaidah.
Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana kemampuan membaca Al-Qur‟an setelah program tahsin tilawah
dilakukan kepada mahasiswa Ma‟had Abu Ubaidah Bin Al-Jaraah Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi ini diambil dari
mahasiswa kelas talaqqi pagi dan siang sebanyak 112 orang dan Sampel yang
diambil sebesar 50 orang. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberap teknik
pengumpulan data yaitu Observasi, Angket, tes dan dokumentasi. Pengolahan
analisis data ini menggunakan rumus reliabilitas, product moment, uji “t”
hipotesis dan uji determinasi.
Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi
product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil korelasi
product moment dengan table nilai “r” product moment pada taraf signifikansi 5%
dan 1% diperoleh bahwa = 0,641 lebih besar pada baik itu taraf
signifikansi 5% (0,288) dan 1% (0,372) dengan formulasi bandingan yaitu 0,641 ≥
0,288 dan 0,372, maka terdapat hubungan yang signifinak antara program tahsin
tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Quran mahasiswa Ma‟had Abu
Ubaidah Bin Al-Jarrah. Selanjutnya hasil analisis regresi sederhana Y = 17,799 +
0,218, jika program tahsin tilawah meningkat 1% maka akan meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur‟an mahasiswa sebesar 0,218. Berdasarkan hasil
penelitian ini maka terdapat pengaruh positif antara program tahsin tilawah
terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an sebesar 21%, semakin tinggi program
tahsih tilawah dilaksanakan maka kemampuan membaca Al-Qur‟an akan
dihasilkan semakin tinggi pula. |
en_US |