Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran
Round Club terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di SMP Swasta BANDUNG T.P 2017/2018. Tujuan penelitian
ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Round Club terhadap
Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP
Swasta BANDUNG T.P 2017/2018. Populasi yang digunakan pada penelitian ini
adalah kelas VII di SMP Swasta BANDUNG yang terdiri dari 4 kelas dengan
jumlah 125 orang siswa, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan Purposive Sampling yaitu kelas yang menjadi sampel yang diteliti
adalah kelas VII-I sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah
angket dan tes. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh
Model Pembelajaran Round Club terhadap Hasil Belajar Siswa dengan sangat
baik. Berdasarkan analisis penulis diketahuui bahwa terdapat pengaruh model
pembelejaran Round Club terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan kewarganegaraan di SMP Swasta BANDUNG T.P 2017/2018 yang
menunjukkan koefisien korelasi sebesar, 0,878 yang termasuk kategori SANGAT
KUAT. Hal ini ditunjukkan jika nilai sig 0,878 > 0,361 hipotesis dalam penelitian
ini adanya Pengaruh Model Pembelajaran Round Club terhadap Hasil Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Swasta
BANDUNG T.P 2017/2018.