Research Repository

Analisis Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Di SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal I

Show simple item record

dc.contributor.author Sinaga, Ali Imran
dc.contributor.author Sinaga, Rita Agustina
dc.date.accessioned 2021-11-02T03:54:59Z
dc.date.available 2021-11-02T03:54:59Z
dc.date.issued 2021-10-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15859
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah. Fakus masalah yang akan dikaji yaitu: 1) Apa problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah, 2) Apa penyebab munculnya problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah, 3) Apa upaya mengatasi problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini tahap pendahuluan (persiapan), pengembangan rancangan, dan pelaksanaan penelitian. Objek penelitian ialah kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an di SMP Dinda Hafidzah meliputi : problem pada peserta didik, pendidik, sarana dan prasarana, managemen sekolah dan lingkungan. Penyebab munculnya problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an meliputi : kurangnya dukungan keluarga dan lingkungan yang kurang baik, kurangnya alokasi waktu dan tenaga pengajar, guru perlu mengevaluasi peserta didik baik dari hasil belajar dan kepribadian sehari-hari, kurang media pembelajaran disekolah, dan lingkungan sekolah yang menganggu aktivitas sekolah. Upaya mengatasi pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an meliputi : guru harus memberikan metode pembelajaran yang kreatif, upaya managemen sekolah sudah menggiatkan guru maupun karyawan, pihak sekolah sudah mengajukan proposal ke kemenag dan donatur untuk pengembangan sekolah, dan guru harus mampu mengkondisikan siswa didalam kelas. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Problematika en_US
dc.subject Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur‟an en_US
dc.title Analisis Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Di SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal I en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account