Abstract:
Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Penelitian yang dilaksanakan
dua siklus dan berakhir pada siklus II, tiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII-2
SMP Muhammadiyah 07 Medan yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 19 laki-laki
dan 12 perempuan. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn terhadap materi
Sumpah Pemuda pada sub bab sejarah sumpah pemuda dan arti serta makna
sumpah pemuda dalam perjuangan kemerdekaan republik Indonesia dengan
menggunakan media Adobe Flash Professional CS6 di kelas VIII-2 SMP
Muhammadiyah 07 Medan, menunjukkan bahwa data awal (pre test) hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PKn memperoleh nilai rata-rata awal 63,38. Hal ini
mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh rata-rata skor nilai belajar siswa
75,16 dan siklus II diperoleh rata-rata 87,9. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penerapan menggunakan media Adobe Flash Professional CS6 telah berhasil
memenuhi hasil belajar dengan baik atau berkategorikan “Tuntas”. Hal ini dapat
diinterpretasikan bahwa siswa sudah mengalami peningkatan hasil belajar PKn
pada materi Sumpah Pemuda pada sub bab Sejarah Sumpah Pemuda Dan Arti
Serta Makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan Kemerdekaan Republik
Indonesia dengan baik.