Research Repository

Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Current Ratio terhadap Return On Equity pada Perusahaan Advertising, Printing dan Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.author Mapita, Levi Nia
dc.contributor.author Hasibuan, Jasman Saripuddin
dc.date.accessioned 2021-10-27T04:37:39Z
dc.date.available 2021-10-27T04:37:39Z
dc.date.issued 2021-10-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15798
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh DER terhadap ROEpada perusahaan advertising, printing dan media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh CR terhadapROEpada perusahaan Advertising, printing dan media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh DER dan CR secara simultan berpengaruh terhadap ROEpada perusahaan advertising, printing dan media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif yaitu menggunakan angka-angka sebagai data. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Pendekatan asosiatif adalah suatu pendekatan dimana untuk mengetahui bahwa adanya hubungan atau pengaruh diantara kedua variabel (variabel bebas dan variabel terikat). Penelitian ini menggunakan software SPSS untuk mengolah data-data. Hasilpenelitian secara parsial membuktikan bahwa Debt to Equity Ratio ada pengaruh yang signifikan terhadap Return on Equity dengan thitung -1,62 dan ttabel dengan  = 5% diketahui sebesar 1,677, nilai sig. sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05). Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari ttabel (-1,62 > 1,677) dan nilai sig. (0,000 > 0,05), artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini memberikan makna bahwa tingginya Debt to Equity Ratiotidak memiliki pengaruh dalam meningkatkan Return on Equity. Hasilpenelitian secara parsial membuktikan bahwa Current Ratioada pengaruh yang signifikan terhadap Return on Equity dengan thitung 4,288 dan ttabel dengan  = 5% diketahui sebesar 1,677, nilai sig. sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05). Dengan demikian nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,288 > 1,677) dan nilai sig. (0,000 > 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini memberikan makna bahwa tingginya Current Ratiomemiliki pengaruh dalam meningkatkan Return on Equity. Hasil penelitian secara simultan membuktikan bahwa Debt to Equity Ratio, Current Ratio ada pengaruh yang signifikan terhadap Return on Equity dengan nilai Fhitung 9,472 dan Ftabel 3,195 dan nilai sig. 0,000 (lebih kecil dari 0,05). Dengan demikian bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (9,472 > 3,195) dan nilai sig. (0,000 < 0,05). Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa perusahaan harus memperhatikan ketiga variabel bebas tersebut dalam menaikkan Return on Equity. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Debt to Equity Ratio en_US
dc.subject Current Ratio en_US
dc.subject Return on Equity en_US
dc.title Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Current Ratio terhadap Return On Equity pada Perusahaan Advertising, Printing dan Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account