Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan materi ajar berbasis media instructional dalam pembelajaran matematika dan menguji kelayakan pengembangan materi ajar berbasis media instructional. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga ahli terdiri dari satu dosen pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan satu guru matematika SMP Swasta Mulia Securai sebagai ahli materi serta satu dosen pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utarasebagai ahlimedia.Objek penelitian ini adalah materi ajar berbasis media Instructional dalam pembelajaran matematika pada materi Bentuk Aljabar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket media pembelajaran. Terdiri dari angket ahli materi dan ahli media. Berdasarkan analisis data nilai rata – rata diperoleh ahli materi 4,1 dan ahli media diperoleh 3,7. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika memenuhi persyaratan kevalidan dari media pembelajaran dengan nilai rata-rata keseluruhannya sebesar 3,9 termasuk dalam kategori baik.