Research Repository

Analisis penggunaan “speed bump” terhadap perubahan kecepatan kendaraan pada jalan beringin pasar VII Tembung

Show simple item record

dc.contributor.author Ananda, Fikri
dc.contributor.author Dewi, Irma
dc.date.accessioned 2021-10-22T02:07:03Z
dc.date.available 2021-10-22T02:07:03Z
dc.date.issued 2021-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15731
dc.description.abstract Salah satu rekayasa lalu lintas yang berfungsi sebagai alat pengendali kecepatan lalulintas adalah jendulan melintang jalan.Jendulan melintang adalah peninggian melintang permukaan jalan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan kendaraan. Fasilitas ini dikenal dengan berbagai jenis, diantaranya Speed Bump,Speed Hump, dan Speed Tables. Jendulan melintang (Speed Bumps) adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk membuat pengemudi kendaraan bermotor mengurangi kecepatan kendaraannya, kelengkapan tambahan antara lain berupa peninggian sebagian badan jalan yang melintang terhadap sumbu jalan dengan lebar, tinggi dan kelandaian tertentu yang dikenal sebagai polisi tidur. Pemasangan speed bumps dipemukiman dapat mengurangi kecepatan, namun disisi lain ada juga ketidak nyamanan bagi masyarakat, seperti polusi udara dan polusi kebisingan. Kebisingan ditimbulkan oleh lalulintas yang melewati speed bumps tersebut. Yang untuk melewatinya harus mengadakan perlambatan dan percepatan dan bisa pula tingkat kebisingan bertambah karena bentuk dan ukuran speed bumps itu sendiri. Dalam penelitian ini akan dianalisa pengaruh speed bumps terhadap penurunan kecepatan. Penelitian dilakukan pada Jalan Beringin pasar VII Tembung pada ruas jalan depan SMA Cerdas Murni dan pada ruas jalan depan Masjid Al-Ikhlas, Pada kedua ruas jalan tersebut terbagi beberapa titik lokasi penelitian untuk membedakan data kecepatan pada lokasi terdapat fasilitas polisi tidur dengan yang tidak terdapat fasilitas polisi tidur . Metode penelitian ini meggunakan metode survei kecepatan setempat yaitu dengan mengukur kecepatan kendaraan roda empat (mobil penumpang) dan roda dua (sepeda motor) sebelum dan setelah melewati polisi tidur (Speed Bump).Dari hasil pengujian diatas diperoleh kecepatan kendaraan yang berkurang dari masingmasing lokasi penelitian. Pada depan SMA Cerdas Murni berkurang dari 14,560 km/jam menjadi 10,264 km/jam.Hal tersebut menunjukkan hasil yang tidak efektif, Dinyatakan efektif apabila kecepatan rata-rata berkurang menjadi ≤ 8 km/jam. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pengendali kecepatan en_US
dc.subject polisi tidur (Speed Bump) en_US
dc.title Analisis penggunaan “speed bump” terhadap perubahan kecepatan kendaraan pada jalan beringin pasar VII Tembung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account