dc.description.abstract |
Daerah khusus ibu kota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara dan
kota terbesar di Indonesia. Badan Pusat Statistik (2015) melaporkan bahwa pada
periode 2000-2010 penduduk yang bermigrasi ke kota DKI Jakarta mengalami
kenaikan. akibatnya, Jakarta menjadi kota terpadat penduduknya di Indonesia.
Kondisi tersebut bersamaan dengan meningkatnya masyarakat betawi yang menjual
lahannya kepada pemerintah untuk proses pembangunan yang membuat masyakat
dan kebudayaan betawi terpinggirkan.
Tujuan penelitian ini adalah : mempromosikan destinasi wisata
perkampungan budaya Betawi kepada wisatawan, untuk menganalisis faktor
penghambat dan pendukung dalam upaya melestarikan budaya Betawi,
menganalisis efektivitas komunikasi pengembang pariwisata di perkamp l ungan
budaya Betawi. Penelitian dengan judul “Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dan
Budaya Jakarta Dalam Melestarikan Budaya Betawi” .Penelitian ini di harapkan
dapat memberikan gambaran serta informasi mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Jakarta dalam
melestarikan budaya Betawi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi,
wawancara dan study dokumentasi yang dilakukan oleh penulis pada UPK PBB,
pengunjung, dan masyarakat asli Betawi. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti
menyimpulkan bahwa dinas pariwisata dan budaya Betawi mempunyai segmentasi
semua instansi dan merangkul masyarakat Betawi |
en_US |