Abstract:
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apakah pengetahuan, pendapatan, religiusitas, dan kreadibilitas memeiliki pengaruh terhadap minat membayar zakat di Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regrsi logistik binomial dan pendekatan deskriptif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu incidental sampling. Adapun sampel dari penelitian ini berjumlah 50 masyarakat musli di Kabupaten Aceh Tamiang yang mengeluarkan zakat melalui Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang atau institusi lainnya (Masjid, langsung ke mustahiq, panti asuhan, pondok pesantren).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pengaruh pengetahuan berpengaruh secara signifikan positif, pengaruh pendapatan tidak berpengaruh secara signifikan, pengaruh religiusitas berpengarus secara signifikan positif, dan pengaruh kreadibilitas berpengaruh secara signifikan negatif terhadap minat muzakki Kabupaten Aceh Tamiang Studi Kasus (Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang).