Research Repository

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Istiqlal Delitua

Show simple item record

dc.contributor.author Pasaribu, Munawir
dc.date.accessioned 2021-10-12T08:44:22Z
dc.date.available 2021-10-12T08:44:22Z
dc.date.issued 2021-09-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15582
dc.description.abstract Masa pandemi covid-19 ini merupakan suatu tantangan yang berat bagi dunia pendidikan, dimana pendidikan merupakan suatu sektor harus tetap berjalan meskipun adanya pandemi covid-19 ini, diharapkan guru dapat bekerja sama dengan para orang tua dan juga peserta didik agar menjadikan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan secara daring berjalan dengan efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid -19 di MTs Istiqlal Delitua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid-19 MTs Istiqlal Delitua, dan bagaimana penilaian/evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid-19 MTs Istiqlal Delitua. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan juga penilaian/evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid-19 di MTs Istiqlal delitua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif terhadap subjek penelitian yang ada di lapangan dan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan juga angket. Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada bulan Februari – April 2020 dengan subjek penelitian nya adalah Kepala Madrasah, guru dan juga siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Perencanaan berupa meaksanakan proses pembelajaran secara daring, memilih aplikasi yang tepat yaitu WhatsApp, mendata nomor telepon siswa, menyiapkan RPP, menyiapkan materi, media dan juga metode pembelajaran yang membuat siswa lebih memahami tentang materi yang disampaikan. pelaksanaan pembelajaran tidak sama persis dengan RPP yang telah disusun, hal ini dikarenakan melihat kondisi siswa pelaksanaan dimulai penyusunan materi pembelajaran, penyampaian materi melalui media online yaitu WhatsApp biasanya berupa video atau format teks, sesi tanya jawab, penugasan. Absensi dilaksanakan setelah siswa mengantarkan tugas secara langsung kesekolah dengan waktu yang telah ditentukan. penilaian dilihat dari aspek keterampilan dan juga pengetahuan, pnilaian keterampilan dilihat dari tugas portofolio dan juga praktik, penilaian pengetahuan dilihat dari hasil tes dan juga ujian. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Covid-19 en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Istiqlal Delitua en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account