Research Repository

Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah 57 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Sinaga, Ali Imran
dc.contributor.author Gurning, Anggi Vaulina
dc.date.accessioned 2021-10-07T07:28:55Z
dc.date.available 2021-10-07T07:28:55Z
dc.date.issued 2021-09-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15562
dc.description.abstract Kurikulum merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan pendidikan. Oleh karena itu kurikulum harus dinamis dan adaftif pada perubahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kurikulum 2013 sudah diterapkan didalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam pada kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan, dengan fokus penelitian pada pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dan faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana yang menjadi subyek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian; 1). Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan sudah menerapkan kurikulum 2013 terbukti sebelum proses pembelajaran guru sudah menyusun rencana pembelajaran yang didalamnya memuat Silabus dan menyusun RPP, guru PAI pada sekolah tersebut dalam memahami teori pembuatannya sudah sesuai dengan standar acuan kurikulum 2013, walaupun terkadang RPP yang dibuat tidak sepenuhnya diterapkan didalam kelas. Selain itu dalam hal pendekatan saintifik dan penilaian otentik semuanya sudah dijalankan walaupun belum maksimal. 2). Faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 salah satunya adalah siswa itu sendiri, dikarenakan setiap siswa memiliki IQ dan kemampuan yang berbeda-beda. Sedangkan kurikulum 2013 sendiri menuntut agar siswa kreatif dan inovatif. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.subject Berbasis Kurikulum 2013 en_US
dc.title Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah 57 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account